Senin, 08 Oktober 2012

tips dan trik ciri orang kreatif


TIPS DAN TRIK CIRI ORANG KREATIF 

TERLALU SEDERHANA jika mengatakan pribadi kreatif adalah pribadi yang nyentrik, yang tidak bisa terikat dengan aturan – aturan. Mihanly adalah yang mengemukakan dalam pendapat ini
1.       SANGAT BERENERGI, TETAPI JUGA SERING SANGAT SENANG
Orang kreatif seperti mempunyai energi berlebihan. Ingat pelukis affandi (Almarhum) Dengan tubuhnya yang ringkih karena usia tua, ia masih sanggup menyelesaikan lukisan di kanvas besar hanya dalam waktu 1-2 hari. Atau J.K. Rowlings,penulis buku laris “Harry Potter”, sanggup menyelesaikan bukunya yang tebal dalam waktu beberapa bulan. Padahal ia berkeluarga dan mempunyai seorang anak.
                                Orang kreatif bukan berarti selalu “hidup”, karena pada waktu tertentu mereka juga bisa “tidur” lama. Hal ini menunjukan bahwa bisa mengembalikan energinya dan tidak tergantung pada malender atau jadwal dari luar. Hal ini terjadi kerena mereka telah belajar mengatur strategi untuk meraih tujuannya.
2.       CENDERUNG BIJAKSANA SEKALIGUS KEKANAK – KANAKAN
Mozart adalah salah satu contoh klasik orang jenius yang mempunyai wawasan luas sekaligus emosi tidak matang. Kecenderungan itu juga tampak pada tokoh jenius lainnya seperti Michael Angelo (perupa abad XVII), Woody Allen (Sutradara Film), dan Pablo Picaso(pelukis).
Kecenderungan mereka dapat dijelaskan dari kombinasi cara berfikir konvergen (yang bisa dilihat dari hasil tes IQ) dan divergen (cara berfikir tanpa ada jawaban benar atau salah). Dengan cara berfikir demikian mereka mampu berkreasi(berpikir divergen) dan memutuskan ide mana yang lebih baik untuk diwujudkan (berfikir konvergen)
3.       MENGKOMBINASI MAIN – MAIN DENGAN DISIPLIN
Ide kretif muncul jika kita membebaskan pikiran dari aturan-aturan. Tapi suatu hasil karya tidak akan terwujud tanpa adanya ketekunan. Untuk menemukan teknik pengawetan anggur, cuka, susu dan lainnya, misalnya, louis Pasteur harus melakukan percobaan bertahun-tahun
4.       MENGGUNAKAN IMAJINASI YANG BERAKAR PADA KENYATAAN
Hasil karya seni dan ilmu pengetahuan sering berbeda dengan kenyataan. Sebenarnya mereka tidak benar-benar berbeda , karya seni dan ilmu pengetahuan melebihi apa yang kita anggap kenyataan dan menciptakan “kenyataan baru”.
5.       CENDERUNG SUKA BERGAUL SEKALIGUS PENYENDIRI
Menurut penelitian terakhir, kepribadian ekstrovert (yang memperoleh kepuasan dari lingkungan fisik dan sosial) dan introvert (Penyendiri dan sibuk dengan pikiran sendiri) merupakan sifat yang stabil, yang membedakan seseorang dengan orang llain. Tapi pada orang kreatif, kedua sifat ini muncul secara bergantian.
6.       RENDAH HATI SEKALIGUS BANGGA DALAM WAKTU BERSAMAAN
Ada alasannya mengapa mereka demikian. Orang kreatif menghormati lingkup kerjanya, sehingga tahu bahwa masih ada jalur panjang yang perlu dikumbangkan. Mereka sadar adanya keberuntungan dalam prestasi mereka dan sangat fokus pada proyek akan datan, sehingga hasil kerja yang sudah berlalu tidak lagi menarik buat mereka. Di saat bersamaan mereka tahu bahwa dibandingkan yang lain mereka telah berbuat banyak. Kesadaran ini membuat mereka merasa aman bahkan bangga.
7.       MENOLAK OERAN GENDERYANG STEREOTIP
Beberapa hasil penelitian menyebutkan naka perempuan yang kreatif biasanya lebih dominan dan keras dibanding anak perempuan lainnya. Sebaliknya, anak laki-laki yang kreatif biasanya lebih peka dan kurang agresif dibanding anak laki-laki lain yang sebaya. Orang yang secar psikolosis androgini ini tidak hanya kuat pada kegiatan menurut jenis kelaminnya, tapi juga kuat pada jenis kelamin lainnya.
8.       PEMBERONTAK SEKALIGUS KONSERVATIF
Mustahil bisa kreatif tanpa adanya penyerapan nilai-nilai budaya. Karena itu, mustahil seseorang bisa kreatif jika tidak sekaligus konservatif. Hanya bersikap ttradisional dan konservatif membuat lingkungan tidak ada perubahan. Sebaliknya, hanya berbuat sesuatu tanpa tahu apa yang sebelumnya bermaknatidak akan dikatakan sebagai suatu perubahan.
Dua tahun yang lalu Rusdy Rukmarata, penari dari koreografer, yang dinkenal dengan sebagai penari kontemporer dalam wawancaranyadengan nirmala bercerita bahwa hasil ciptaannya tidak lepads dari pengaruh tarian tradisional yang telah dipelajari selama beberapa tahun.
9.       SANGAT MENCINTAI PEKERJAANNYA, TAPI JUGA SANGAT OBYEKTIF
Tanpa rasa cinta kita akan kehilangan minat terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan. Tapi tanpa bersikap obyektif, pekerjaan kita akan tidak baik.
10.   KEPEKAANNYA SERING MENYAKITKAN MEREKA TAPI JUGA MENIMBULKAN KENIKMATAN
Minat yang dalam terhadap suatu masalah sering tidak dihargai, bahkan berfikir bebas sering di anggap penyimpanggan bagi sebagian masyarakat. Bang idin, tokoh lingkungan hidup yang berhasil menghijaukan bantaran kali, merupakan salah satu contoh bagaimana perubahan tidak selalu ditanggapi positif oleh masyarakat. Tapi melebihi sakitnya kritikan dari masyarakat, perasaan kehilangan kreativitas justru lebih menyakitkan.
Walau ada rasa sakit dan cemas, orang kreatif lebih mempu menikmati proses kreativitasnya. Tanpa adanya kenikmatan ini, semua penyair mungkin akan memilih menjadi penulis jingle(untuk lagu iklan) yang honornya jauh lebih besar dan ahli ekonominakan dipilih menjad

0 komentar:

Posting Komentar